Pengalaman Selama di Kampung Inggris Pare


Dalam rangka agar biar supaya untuk mengerti memahami dan menginterpretasi quote-quote bijak berbahasa inggris yang tersebar di caption-caption dalam instagram, hal inilah yang sampai membawa saya pergi ke sebuah Kampung di Kota Kediri, Kampung Inggris people menyebutnya. Konon katanya menurut legenda, masyarakat masyarakat pare menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya? Hmmm....

Dalam tulisan ini akan menceritakan tentang sedikit pengalaman saya selama berada di tempat ini ini, mulai dari mencari lembaga kursus, mencari camp,  dan keseharian selama berada Kampung Inggris.

Oke langsung saja!

Tentang Kampung Inggris

Kampung Inggris Pare terletak di Ds. Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur.
Disini banyak lembaga kursus bahasa inggris, itulah mengapa disebut kampung inggris.
Sebenarnya bukan hanya ada kursus bahasa inggris aja, ada juga kursus bahasa Arab, China, Jepang, dan Korea.

Sejarah Kampung Inggris dimulai pada suatu pagi hari yang cerah nan damai di tahun 1976, pada waktu itu ada dua orang mahasiswa dari Surabaya yang datang ke Pare untuk belajar bahasa inggris pada seorang kiyai yang konon menguasai 8 bahasa, karena dalam waktu dekat mereka akan mengikuti ujian negara. Alih-alih bertemu dan berguru dengan sang kiyai, mereka malah bertemu dengan muridnya, yang saat ini dianggap sebagai Pionir Kampung Inggris Pare, yaitu Kalend Olsen. Singkat cerita, kedua mahasiswa ini berhasil lolos ujian negara dibawah bimbingan Mr. kalend Olsen, lantas keberhasilan mereka tersebar dari mulut ke mulut kepada mahasiswa yang lain, dan pada akhirnya banyak mahasiswa yang dateng ke Mr. Kalend Olsen untuk belajar bahasa inggris.

Karena banyaknya mahasiswa yang berguru kepadanya, lantas Mr. Kalend membuka lembaga kursus yang bernama BEC. Dari tahun-ketahun sampai sekarang banyak lembaga kursus yang berdiri di Pare, dan para pendirinya tidak lain adalah para murid Mr. Kalend.





Tulungrejo


Mencari Lembaga Kursus

Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari lembaga kursus yang kredibel dan tidak sembarangan, karena ini menyangkut dengan pembelajaran toh? Ada banyak sekali lembaga kurusus yang ada, dan pilihan saya jutuh kepada lembaga kursus Kresna English Language Institute dan The Daffodils.

Kresna

Saya memilih Kresna untuk belajar Grammar karena Kresna unggul dalam pembelajaran grammarnya se-pare-nesia. dan  juga salah satu lembaga kursus yang telah lama ada. Legendary!


Kresna English Language Intitute


Kresna English Language Institute




Di Lembaga Kursus Kresna tempatnya ada yang terdapat didalam ruangan dan ada yang berada diluar ruangan, yang berada diluar ruangan menurut saya jauh lebih asik karena tempatnya seperti gubuk atau saung, tetapi ini yang membedakan kursus di tempat lain selain di pare. Apalagi adanya  angin sepoy-sepoy dan bunyi pepohonan yang bergesekan karena angin serta kicau burung-burung yang seolah-olah menemani kita saat belajar, Ugh Syahdu!


Ruangan Kelas Kresna by kampunginggris.com


Sekitar 1 bulan belajar Grammar Dasar, kenapa grammar dasar? karena saya masih sangat awam tentang grammar, jadi saya mengambil paket belajar grammar yang paling dasar. Buat kamu yang mau mengambil program kursus, pastikan kamu mengetahui dahulu kemampuanmu, biar gak salah pilih. Bisa-bisa kamu bosan karena kelasnya terlalu mudah atau dibuat pusing karena kelasnya terlalu ketinggian buatmu.


Di Kresna sendiri metode pembelajarannya asik dan tidak membosankan membuat saya menjadi "lebih suka" untuk belajar bahasa inggris. apalagi tiap minggunya diadakan ujian untuk mengukur kemampuan dan pemahaman kita terhadap pelajaran yang diberikan. dan di akhir periode ada ujian akhir.


Jangan lupa foto buku tahunan alumni setelah selesai akhir periode!



The Daffodils

Adanya jadwalnya yang bentrok, tutor yang memberikan porsi bercanda lebih besar ketimbang belajarnya. Dan karena itulah yang membuat saya jarang masuk kelas  selain karena ngantuk masuk jam 1 siang haha
Tetapi mungkin itu hanya dikelas saya saja?

The Daffodils terkenal dengan kelas speaking yang beraksen British. 
Dari sekian banyak program, saya sendiri mengambil program Step One, ditujukan bagi yang sudah merasa mampu berbicara bahasa inggris dengan cukup lancar.

The Daffodils by parawendy.wordpress.com



Untuk ruangan kelas di Daffodils lumayan nyaman dan semua kelas berada didalam ruangan dilengkapi speaker dan juga AC. tidak seperti di kresna yang lesehan, disini diberikan kursi.

Seperti kebanyakan kursus lain di pare, kalau gak duduk ya lesehan. Saya sempat berfikir, mungkin inilah alasan kenapa biaya kursus di sini relatif murah?



Suasana di dalam kelas The Daffodils, by kampung-inggris.com

Daffodils terletak dipinggir sawah dan dekat dengan tempat paling hitzs di pare, yaitu TANSU atau Ketan Susu. tempat yang sangat ramai ketika sore hari, dimana biasanya aktifitas belajar mengajar telah selesai .

TanSu, by moeslema.com


Asrama

Ada dua jenis kost/asrama. Yaitu full english area dimana kita wajib berbahasa inggris dalam kesehariannya dan peraturannya lebih ketat, biasanya menjadi bagian dari lembaga kursus. Dan kost/asrama  biasa yang peraturannya tidak ketat dan tidak mewajibkan berbahasa inggris, biasanya di miliki warga sekitar.
Saya sendiri memilih Fajar Camp karena murah mewajibkan english area. juga dekat dengan tempat kursus.


Fajar Camp 

Saya menempati asrama Fajar Camp 5, berisi 14 orang dalam satu rumah yang cuma berukuran 5x6, 7x8, 8x12  atau berapalah gak sempet ngitung juga, dan kemudian bertambah lagi menjadi 17 orang!
Tapi ya ora popo lah sing penting murah  english area dan setiap subuh dan selepas maghrib ada kegiatan menghafal Vocabulary dan Drama atau Short Expression yang bisa menambah kemampuan berbahasa inggris.

Salah satu hal terbaik selama di Pare adalah saat di camp, berisi 14 orang tampan yang berasal dari berbagai daerah, bahasa, latar belakang, suku, ras, dan agama yang berbeda, tetapi bersatu padu dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu belajar bahasa inggris. Kebhinekaan sangat terasa sekali disini!

Dan motif belajarnya pun berbeda-beda, ada yang belajar karena ingin bisa berbahasa inggris, ingin melanjutkan kuliah, ingin mendapatkan kerja, ingin mengikuti test, atau cuma ingin singgah sejenak dan main-main saja seperti yang ia lakukan kepadamu 🙄



Kegiatan pagi hari, Jalan santai sembari godain bibi penjual nasi uduk by @vincenthalimaking




Keberagaman didalam camp

Berfoto bersama di icon-nya Kota Kediri, Monumen Simpang Lima Gumul





Di Fajar English Course setiap malam jum'at diadakan yasinan, setelah itu ada acara debat antar camp, ini bagian menariknya. kita bisa mengasah kemampuan speaking bahasa inggris serta bisa mengenal antar anggota camp lain, tidak jarang dipertemukan dengan camp wanita. Itulah yang membuat kami camp pria begitu antusias, haha kali aja ada yang nyantol yakan?
Pare ini memang rawan sekali cinta lokasi, sudah banyak yang jatuh korban.


Yasinan biar berkah



Debate Club


Dan disetiap malam sabtunya digelar pentas seni yang diadakan oleh kawan-kawan. Sajian hiburan sebelum weekend. Ini yang saya tunggu-tunggu, karena disetiap akhir acara diberi makan gratis wkwkw

Pertenjukan Seni

Mantap Bosquee

Asik Bosquee

Gelap-gelapan Bosquee


Kampung Inggris Pare sangat cocok buat kamu yang ingin belajar bahasa inggris karena lingkungannya yang juga kondusif untuk belajar dengan baik, serta buat kamu ingin merasakan sesuatu yang berbeda, dan bisa belajar sembari liburan. Perlu di ingat, kampung inggris bukanlah tempat ajaib, yang mana bisa membuatmu menjadi jago berbahasa inggris dalam sekejap, semua itu butuh proses, usaha dan kemauan untuk belajar yang tinggi kamerad!

Di tempat ini kita bisa bertemu dengan orang-orang baru yang berasal dari seluruh belahan indonesia bahkan luar negeri, ada yang dari Papua, Aceh, Jambi, Kalimantan, Nusa Tenggara, dan yang paling banyak saya temui adalah yang berasal dari Makassar. Sundala!
Dan buat kamu yang berkantong tipis seperti saya, gak perlu khawatir, karena disini biaya kursus dan biaya hidup yang relatif atau bahkan sangat murah jika dibandingkan di dikota-kota besar, untuk yang doyan jalan-jalan juga, untuk  tempat wisatanya pun terjangkau. Sudah pernah saya share tentang hal itu dan juga cara menuju Kampung Inggris klik di sini


Itulah Pengalaman Selama di Kampung Inggris Pare

Apa saja yang saya dapatkan setelah menimba ilmu di Kampung Inggris ini?
1. Jadi bisa menerjemahkan quote-qoute bijak berbahasa inggris yang berseliweran di Instagram.
2. Jadi bisa ikut-ikutan menulis quote-quote bijak berbahasa inggris juga
3. Banyak pelajaran yang bisa di ambil, pengalaman yang bertambah,ilmu yang bermanfaat, dan juga mendapatkan teman baru dari berbagai daerah.




Pare itu indah, kayuh sepedahmu dan berkelilinglah!



"dan pare bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika gak sunyi-sunyi amat"
                                                                                                           - bukan Pidi Baiq

Komentar

  1. Kampung Inggris Pare emang tempat belajar yang sangat kondusif, jadi ga usah ragu buat belajar di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget! Saya aja jadi pengen kesana lagi

      Hapus
  2. Kakak ambil program apa? Itu+camp kah atau kost cari sendiri?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer